Saturday 18 April 2015

Sejarah Batu Akik Pancawarna Edong Garut

batu akik edong

Hallo pembaca setia batu akik lover,Garut saat ini menjadi sorotan bagi pecinta batu akik,karena dengan ditemukannya batu yang berkualitas seperti batu hijau dan batu edong. Yang akan kami bahas saat ini sejarah batu akik edong di garut.
Anda tentu mengenal batu akik pancawarna edong yang saat ini terkenal dan harganya semakin melambung tinggi, mengapa batu ini dinamakan batu akik edong? sesuai namanya batu akik ini pada awalnya ditemukan pertama kali oleh seorang warga garut yang bernama Bapak Edong saat ini berusia 80 tahun tepatnya di cikarawang,kecamatan caringin kabupaten garut.
Dimulai dari tahun 1990an ketika lagi ramai atau banyak orang yang menggali batu didaerahnya awalnya pak edong ini belum tertarik  untuk menggali batu namun pada tahun 1994 bapak edong baru memulai perburuan menggali batunya dan saat itu beliau mendapatkan batu dengan berat 1 kuintal menurut pengakuannya beliau sebelumnya bermimpi untuk membuat tambang sendiri.

Kini batu yang ditemukan 10 tahun yang lalu itu semakin banyak dicari pecinta dan kolektor batu akik bahkan harganya bisa mencapai 3 sampai 5 juta untuk stu ukuran cincin saja, beliau tidak menyangka hal ini bisa terjadi padahal saat pertama ditemukan untuk ukuran 1 kuintal batu yang beliau temukan hanya dihargai 4 juta rupiah saja.

Apa kelebihan batu edong hingga harganya melambung? untuk para hobi atau kolektor pasti sudah tahu,selain dari kualitas,warna,keindahan serta nilai seninnya menjadikan batu edong garut ini terkenal didalam negeri bahkan sampai tembus ke pasaran luar negeri,karena ada yang menilai batu ini setara dengan batu mulia safir,zamrud dan lainnya, tidak heran harganya semakin hari semakin melambung,bahkan untuk mendapatkan batu edong ini sekarang sangatlah sulit,para penambang harus menyusuri hutan lebat,perbukitan bahkan ada yang menggunakan ritual untuk mendapatkannya.

Menurut sumber kami di daerah garut,untuk mendapatkan bahan batu edong 1kg saja sangatlah sulit,dikarenakan saat ini banyak sekali kolektor kolektor yang mempunyai modal yang besar dan tentunya berani bayar berapa saja demi mendapatkannya, Dan cara mendapatkannya harus mempunyai chanel atau kenalan di daerah sekitar.

3 comments:

  1. Replies
    1. terimaksih sudah berkunjung, untuk kisaran harga batu pancawarna edong ini sekarang seukuran baru cincin rp 3 sampai 5 juta

      Delete
  2. Tersedia Bongkahan Batu Bacan.

    Maaf Sebelum Bertanya, Sebaiknya MEMBACA POSTINGAN INI SAMPAI SELESAI, Dan Kami Sampaikan Bahwa Seseorang Yang Memilki Sifat Santun Maka Sudah Pasti Dia Memiliki Kode ETIK Dalam Bertutur Kata Yang Sangat Baik, Baik Secara Formal Maupun Non Formal.
    DiJual Bongkahan Bahan Batu Bacan Doko & Palamea Asli Ternate 100%. Maluku Utara

    - Asli Bacan
    - Msh bongkahan / bahan padat
    - Siap Gosok
    - 1 ons 400 ribu
    - 5 ons 2 juta
    - 1 kg 3,2 juta

    Minimal Order Sebanyak 2 Ons ONGKIR Di Tanggung Pihak Order Dan Yang Order 3 Ons Ke Atas Maka Free ONGKIR Bagi Yang Berada Diluar Kota Dan Luar Provinsi.

    Bagi yg sudah minat
    Silahkan Menghubungi Kontak Person Kami Yang Terlah Tersedia
    No Hp : 0859-3281-5571

    NAMA SAYA: RIO WIDJAYANTO
    Lokasi Tempat Berjualan Kami Tepatnya Di Provinsi BALI DAN Saya Sebenarnya Berasal Dari Provinsi JAKARTA.

    Saya Merantau Ke Bali Sejak Bulan 11 2014 Kami Merantau Demi Mencari Hal Yang Sederhana Dalam Zona Kehidupan Ini, Yaitu Mencari Nafkah Ditanah Rantauan Orang, yang membuat kami sampai melalambuana antara BALI DAN MELUKU UTARA, Guna Mencari BONGKAHAN BATU BACAN.

    Perhatian!!!
    Sebelum membeli tolong perhatikan gambar yg di etalase.
    Barang yg dikirim sesuai dgn foto yg di etalase.
    Barang yg sudah dbeli & diolah tidak bisa dkembalikan lagi dgn alasan apapun. kecuali bahan terbukti palsu dgn pembuktian hasil lab. selain itu kami tdk menerima alasan apapun.
    Setelah membaca ini berrti anda telah menyetujuinya.

    Semoga Postingan Ini Bermanfaat.

    ReplyDelete