Monday 20 April 2015

Cara Mudah Membedakan Batu Bacan Asli atau Palsu

Batu bacan sekarang jadi primadona bagi pecinta batu akik dari mulai yang sudah hobi sampai ke orang yang baru mengenal batu akik bacan,Batu chrysocolla atau lebih dikenal batu bacan ini adalah batu permata asli dari Pulau Kasiruta, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Dinamakan begitu karena Pulau Bacan menjadi muasal keberadaan batu ini. Batu ini memiliki beberapa jenis dan kelas, yakni Palamea, Doko, dan Obi.
Harga batu bacan sendiri sampai saat ini terus melambung tinggi,entah apa yang menyebabkan batu mulia ini bisa terkenal dan mempunyai nilai pasar yang tinggi. Sedangkan dahulu sebelum fenomena batu akik ramai batu bacan ini nyaris tidak laku dipasaran bahkan untuk 1 kg saja dahulu hanya dihargai puluhan ribu atau ratusan ribu saja sedangkan untuk saat ini harganya untuk 1 buah jenis cincin bisa mencapai puluhan atau ratusan juta.

Mengapa Batu bacan harganya bisa melambung tinggi?
Bagi seorang pebisnis, fenomena tersebut memang diluar nalar. Akan tetapi, bagi pemerhati dan pecinta batu, hal tersebut sangat masuk akal. Apalagi jika dilihat dari sudut pandang karakteristik, muasal, sejarah, kandungan nikel dan artistik dari batu tersebut menjadikan harga batu ini melambung hingga puluhan juta.
Yang kedua mengapa harganya bisa melambung karena keberadaan bahan bongkahan batu bacan untuk saat ini sangatlah langka ditemukan karena banyak sekali penambang penambang yang mencari batu ini sehingga stocknya hampir habis, hal ini mengakibatkan pangsa pasar menjadi tinggi dan tak terkendali.

Semakin banyaknya peminat dan harga yang menggiurkan ada saja  para pedagang atau sebagian orang yang memanfaatkan fenomena ini yaitu dengan cara membuat batu bacan palsu,sepintas kalau dilihat tidak ada perbedaan antara yang asli dan palsu namun bagi pecinta yang sudah hobi dari awal pasti mengenal ciri ciri batu bacan asli dengan batu bacan palsu.
Bagi pecinta batu akik yang mulai suka atau berminat memiliki batu bacan alangkah baiknya mengetahui ciri ciri yang asli supaya tidak tertipu nantinya.cara membedakan batu bacan asli bisa menggunakan alat bantu seperti lampu senter dan kaca pembesar.

Berikut cara membedakan batu bacan asli atau palsu:

1. Menggores batu bacan ke kaca
Batu bacan asli apabila digores ke permukaan kaca akan meninggalkan bekas warna pada kaca, sedangkan batu bacan tiruan tidak.

2. Menyinari batu bacan dengan bantuan lampu senter dan kaca pembesar
Batu bacan asli akan tampak serat-seratnya jika anda menaruhnya ditempat yang terang. Sedangkan yang tiruan seratnya tidak terlihat atau polos.


3. Membakar permukaan batu bacan
Biasanya setelah dibakar batu akan mengeluarkan minyak. Batu bacan asli minyaknya akan hilang setelah dilap dan warna batu akan kembali seperti semula.
Berbeda dengan batu bacan tiruan batu bacan palsu tersebut juga akan mengeluarkan minyak tetapi setelah mengusap batu tersebut, permukaan batu akan terlihat lebih kusam dan meninggalkan bekas bakaran pada batu bacannya. 

4. Batu Berubah Warna
Batu bacan yang asli akan berubah-ubah warna seiring waktu dari bintik hitam hijau bening dan akhirnya batu bacan akan bening seperti air. Biasanya batu bacan bening tersebut bernilai tinggi.

Demikianlah cara membedakan batu bacan asli atau palsu,yang terpenting adalah batu bacan asli yang diproses secara alami akan terlihat keras dan mengkilat setelah diasah.

No comments:

Post a Comment